1.
Faktor Lingkungan
Dalam
lingkunganlah anak didik hidup dan berinteraksi dalam mata rantai kehidupan
yang di sebut Ekosistem. Dua lingkungan yang pengaruh cukup signifikan terhadap
belajar anak didik di sekolah :
a.
Lingkungan Alami
- Pencemaran lingkungan hidup merupakan mala petaka bagi anak didik yang hidup di dalamnya.
b.
Lingkungan Sosial Budaya
- Lingkungan social budaya di luar sekolah ternyata sisi kehidupan yang mendatangkan problem sendiri bagi kehidupan anak didik di sekolah. Pembangunan gedung sekolah yang tak jauh dari hiruk pikuk lalu lintas menimbulkan kegaduhan suasana kelas.
2.
Faktor Intrumental
Setiap
sekolah mempunyai tujuan yang akan di capai. Tujuan tentu saja pada tingkat
kelembagaan,. Agar dapat mencapai ke arah itu di perlukan seperangkat
kelengkapan dalam berbagai bentuk dan jenisny. Sarana dan fasilitas yang
tersedia harus di manfaatkan sebaik-baik agar berdaya guna dan berhasil guna
bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah:
- Kurikulum
- Program
- Sarana dan fasilitas
- Guru
- Kondisi Psikologis
3.
Kondisi Fisikologis
Kondisi
psikologis pada umumnya sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar
seseorang. Orang yang dalam keadaan segarjasmaninya, akan berlainan belajarnya
dari orang yang dalam keadaan kelelahan.
4.
Kondisi psikologis
Emua
keadaan dan fungsi psikologis tentu saja mempengaruhio belajar seseorang.
Berarti belajar bukanklah berdiri sendiri, terlepas dari factor lain seperti
factor luar dan factor dari dalam. Factor psikologis sdebagai factor dari dalam
tentu saja merupakan hal yang utama dalam menentukan intensitas belajar seorang
anak.
Minat,
kecerdasan, bakat, motivasi, dan kemampuan-kemampuan kognitif adalah
factor-faktor psikologisyang utama mempengaruhiproses dan hasil belajar anak
didik.
a.
Minat
- Menurut slameto (1991 : 182), adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendir dengan suatu di luar dir. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut semakin besar minat.
b.
Kecerdasan
- Raden cahaya prabu (1986) perna mengatakan dalam mottonya bahwa :” Didiklah anak sesuai taraf umurnya, Pendidikan yang berhasilkarena menyelami jiwa anak didikny”. Yang menarik dari ungkapan ini adalah tentang umur dan menyelami jiwa anak didik.
c.
Bakat
- Bakat merupakan faktoryang besar pengruhnya terhadap proses dan hasil belajar seseorang. Hampir tidak ada yang membantah , bahwa belajar pada bidang yang sesai dengan bakat memperbesar kemungkinan berhasilnya usaha itu.
d.
Motivasi
- Menurut Noehi Nasution (1993 : 8 ) motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi motivasi untuk belajar adalah kondisisi psikologis yang mendorong seorang untuk belajar. Penemuan – penemuan penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada umumnya meningkat jika motivasi untuk belajar bertambah.
e.
Kemampuan Kognitif
- Dimana orang menyadari bahwa pengetahuannya berasal dari masa lampau atau atau berdasarkan kesempatan yang diperoleh di masa lampau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar