1). Konsep Belajar Belajar merupakan komponen ilmu
pendidikan yang berkenan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi, yang baik
bersifat eksplisit maupun implisit (tersembunyi) untuk menangkapi isi dan pesan
belajar maka dalam belajar tersebut individu menggunakan kemampuan ramah.
a.Kognitif yaitu kemampuan yang
berkenaan dengan pengetahuan, penalaran atau pikiran sendiri dari kategori
pengetahuan, pemahaman, penerapan analisis dan evaluasi
b.Efektif yaitu kemampuan yang
mengutamakan, perasaan, emosi, dan reaksi yang berbeda dengan penalaran yang
terdiri dari kategori penerimaan, partisipasi, penilaian sikap, organisai dan
pembentukan pola hidup.
c.Sikromatik yaitu kemampuan yang mengutamakan
keterampilan jasmani terdiri dari persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing pola
gerakan dan kreatiftas.
Belajar menurut pandangan skinner: Belajar menurut pandangan
B.F.Skiner 1958 adalah proses adaptasi atau penyesuain tingkah laku berlangsung
secara progreset. Menurut skinner dalam belajar di tentukan hal-hal berikut:
a. kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respon
belajar
b. respon si pelajar
c. konsekwensi yang bersifat menggunakan respon tersebut
baik konsekwensinya sebagai hadiah maupun teguran atau hukuman.
2).Teori Belajar Secara garis besar di geral ada tiga maupun
besar teori belajar menurut pandangan psikologis yaitu teori disiplin mental,
teoti behaklorisme dan teori cognitive:
a. Teori disiplin mental Teori balajar ini di
kembangkan tanpa disadari eksperimen, ini berarti dasar orientasinya adalah
tilosofis. Atau speculative teori menganggap bahwa dalam belajar mental siswa
disiplinkan atau dilatih. Teori yang berlawanan sekali dengan teori disiplin
mental ialah teori perkembangan alanurah, menurut teori ini, anul itu akan
berkembang secara alamiah.
b. Teori Behaviorisme Teori ini
mengutamakan unsure-unsur atau bagian-bagian kecil, bersifat mekanisme,
menekankan peranan lingkungan, menentukan kepentingan latihan.
c. Teori Cognitive Teori cognitive
meneliti tentang peralatan dan poten solving, dari pengamatannya ia
menyelesaiakan penggunaan metode menghafal disekolah, dan menghendaki agar
belajar dengan pengertian bukan hafalan akademis.
3). Makna dan ciri
belajar Menurut para ahli belajar dapat diartikan sebagai proses orang
memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap. Belajar merupakan
tindakan dan perilaku siswa yang kompleks, sebagai tindakan mula belajar hanya
dialami oleh siswa sendiri. Setiap perilaku belajar ditandai oleh cirri
perubahan yang spesifik antara lain: belajar menyebabkan pada aspek-aspek
kepribadian yang berfungsi terus menerus belajar hanya terjadi dari pengalaman
yang bersifat individual, belajar merupakan kegiatan yang bertujuan kearah yang
ingin dicapai, belajar menghasilkan perubahan yang menyeluruh.
4). Prinsip-Prinsip Belajar Ada berbagai prinsip belajar
yang dikemukakan oleh para shli psikologi pendidikan terjadi dan diikuti dengan
keadaan memuaskan maka hubungan itu diperkuat hubungan antara perangsang dan
reaksi diperkuat dengan latihan dan penguasan
5). Syarat agar peserta didik berhasil belajar Agar peserta
didik berhasil belajar diperlukan persyratan sebagai berikut:
a. Kemampuan berpikir yang tinggi para siswa
b. Menimbulkan minat yang tinggi terhadap mata pelajaran
c. Bakat dan minat yang khusus
d. Menguasai bahan
bahan yang diperlukan untuk meneruskan pelajaran
e. Menguasai salah atau bahasa asing
f. Kehidupan ekonomi
yang memadai g. Menguasai teknik belajar di sekolah dan diluar sekolah 6.Cara
Belajar yang baik Cara belajar yang baik secara umum yaitu belajar secara
efisien, mampu berbuat berbagai catatan, mampu membaca siap belajar,
keterampilan belajar, memahami perbedaan belajar pada tingkatan sekolah seperti
SD,SMA, dan SMU, dukungan orang tua yang paham akan perbedaan, status harga
diri lebih kurang. Cara dan teknik mengatasi kesulitan belajar adalah
menetapkan target belajar, menghindari saran dan kritik yang ngatif,
menciptakan situasi belajar, menyelenggarakan remedial program, dan memberi
kesempatan agar peserta didik memperoleh pengalaman yang sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar